Menjelaskan Warna-warna Sesuai Gambar

Warna merupakan salah satu media tumbuh kembang anak dengan pesona visual. Kemampuan mengenal warna pada anak usia dini berkembang sangat pesat mulai dari usia 3 bulan setelah lahir. Setelah itu, menginjak usia 2-3 tahun, anak sudah dapat membedakan beberapa warna.

Persepsi anak usia dini akan warna terus berkembang hingga ia berusia 4-7 tahun. Pada rentang usia ini anak sudah memiliki warna favorit dan dapat mengekspresikan serta mengeksplorasi pikiran atau idenya melalui warna. Selain itu, anak juga dapat memahami hubungan antara lingkungan luar dengan warna, dan maknanya dalam aspek sosial. Seiring dengan perkembangan inilah, warna memberikan ‘tanda’ kepada anak mengenai informasi suatu objek.

Warna juga dapat memancing kepekaan terhadap penglihatan. Hal ini karena proses penginderaan mata terjadi melalui fase perangsangan dari benda sampai pada mata, Lalu, jalannya perangsangan di dalam tubuh terjadi saat mata melihat warna benda yang di teruskan ke urat saraf mata dan kemudian sampai ke otak (pusat penglihatan) dan terjadi penginderaan atau pengetahuan tentang objek, dalam hal melihat objeknya adalah warna benda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *