Pendidikan yang baik dalam suatu negara merupakan pendidikan yang paling pertama. Pendidikan awal di Indonesia yaitu istilah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD menentukan kualitas pendidikan selanjutnya, karena menjadi dasar yang penting bagi kemajuan masa depan negara. Metode pembelajaran anak sangat penting untuk
Akhir ini anak usia dini cenderung kurang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan matematika karena matematika memiliki kesan yang kurang menyenangkan untuk anak usia dini. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini, pembelajaran matematika untuk anak usia dini sudah meliputi kemampuan berhitung anak. Kemampuan berhitung anak hingga angka tertentu merupakan indikator keberhasilan lulusan TK atau tingkat sederajat. Sistem pembelajaran matematika untuk anak usia dini dalam pendidikan anak usia dini meliputi pembelajaran menggunakan lembar kerja siswa, alat permainan edukatif, dan pembelajaran menggunakan alam atau lingkungan sekitar. Dari ketiga alat pembelajaran tersebut, lembar kerja siswa merupakan metode yang seringkali membuat anak bosan. Alat permainan matematika memiliki frekuensi paling rendah dalam penggunaannya dalam pembelajaran.