Belajar adalah suatu proses atau usaha yang seseorang untuk menjadi lebih baik lagi dalam tingkah laku, pengetahuan, pola pikir, dan hal lainnya. Sedangkan minat merupakan dorongan dari dalam diri seseorang untuk menimbulkan ketertarikan secara efektif pada hal lain, seperti belajar. Sehingga minat belajar yaitu suatu poses untuk mendorong diri seseorang untuk menimbulkan ketertarikan terhadap hal lain untuk menjadi lebih baik.
Minat anak Indonesia terhadap kebiasaan membaca masih rendah. Oleh karena itu perlu adanya sarana belajar yang dapat menarik minat baca anak. Contoh sarana yang tepat yaitu Smart Book Eduplay, yang mana pada Smart Book Eduplay tidak hanya untuk membaca tetapi juga sebagai sarana anak untuk bermain sehingga dapat menarik minat anak untuk membaca. Pada Smart Book Eduplay terdapat fitur-fitur menarik dengan fitur Augmented Reality. Smart Book Eduplay menggunakan menggunakan obyek-obyek yang ada di sekeliling kita. Sebagai contoh yaitu hewan dan benda-benda yang ada di sekeliling kita. Tampilan pada aplikasi juga sangat menarik dengan pemilihan warna pastel dan serta dengan 4D sehingga tidak hanya benda yang diam tetapi bendanya dapat digerak-gerakkan.